Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

RASIONAL

Perkembangan ilmu dan penerapan kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris di lingkungan provinsi Kepulauan Riau, menuntut kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, demi terciptanya sarjana-sarjana yang professional di bidangnya dan berwawasan kemaritiman, maka penyempurnaan penyelenggaraan Pendidikan Bahasa Inggris harus dilakukan secara berkesinambungan. Sejalan dengan hal tersebut, maka Universitas Maritim Raja Ali Haji membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

–VISI DAN MISI

VISI :

“Menjadi program studi pendidikan bahasa Inggris berbasis kemaritiman terkemuka di Indonesia”

 

MISI :

Misi yang diemban oleh program studi ini adalah:

 

  • pendidikan dan pengajaran dalam bidang Bahasa Inggris
  • Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam   bidang Pendidikan Bahasa Inggri.

 

PROGRAM PERKULIAHAN

 Program perkuliahan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Jumlah SKS yang harus diselesaikan mahasiswa adalah 157 SKS. Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris disusun sesuai acuan kurikulum inti yang telah ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta disesuaikan dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

–KURIKULUM

 Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, terdapat 5 kelompok mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa selama program perkuliahan, yaitu:

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK): 10 SKS

–Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan pada kajian dasar terhadap penguasaan ilmu dan keterampilan pendidikan Bahasa Inggris.

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB): 122 SKS

–Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan pada kajian untuk menghasilkan tenaga ahli pada bidang pendidikan Bahasa Inggris sesuai dengan keterampilan bahasa Inggris yang dimiliki.Selain itu, juga bertujuan mempertajam penguasaan keterampilan dan keahlian yang dapat diaplikasikan didalam masyarakat sehingga memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya.

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB): 6 SKS

–Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk memperkuat peserta didik membentuk perilaku dan sikap sesuai tingkat keahlian dan keterampilan dalam berkarya berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan pendidikan Bahasa Inggris.Terdiri dari matakuliah yang berhubungan dengan berkarya agar alumni dapat mengaplikasikannya didalam masyarakat serta mampu memecahkan permasalahan praktis pada penelitian formal.

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB): 8 SKS

–Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan kepada peserta didik untuk memahami kaidah yang terkandung dalam kehidupan bermasyrakat tertumpu pada pilihan keahlian berkarya.Kelompok mata kuliah ini berhubungan dengan pemahaman dan penguasaan secara nasional juga global yang berlaku dalam masyarakat sehingga dapat membatasi karya seseorang sesuai tingkat kompetensi keahliannya di bidang pendidikan Bahasa Inggris.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merumuskan standar kompetensi lulusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan beberapa indikator (Motivation, Ability, Skill, Attitude, Knowledge).

Kompetensi Kelulusan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Kompetensi Lulusan

  1. Motivasi

–Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki motivasi untuk:

–Menggali perkembangan ilmu pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan, sikap dan kemampuan dalam mempersiapkan kepribadian untuk menjadi guru Bahasa Inggris yang professional.

–Menerapkan keilmuan melalui pengabdian dalam masyarakat, penelitian dibidang pengajaran pendidikan Bahasa Inggris.

–

  1. Ability

–Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan dapat:

–Mengaplikasikan konsep teori pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kinerja dilingkungannya.

–Merancang dan menganalisis pengajaran yang akan dilakukan oleh guru Bahasa Inggris sesuai keterampilan dan keahliannya.

–Mencari solusi permasalahan yang muncul dalam proses pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris melalui pola pikir yang kreatif dan inovatif.

–Menciptakan kerjasama sesama guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan yang terus berkembang.

–

  1. Penguasaan Keterampilan/Skill

–Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki keterampilan dalam:

–Mengembangkan ilmu pendidikan Bahasa Inggris dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada.

–Mampu menerapkan keahlian berbicara dan menulis Bahasa Inggris secara benar.

–Menciptakan kerjasama diantara guru Bahasa Inggris juga tim lain untuk terus meningkatkan keterampilan yang ada.

–Mampu mencari pemecahan permasalahan yang dihadapi terutama yang berkaitan dengan keahlian dasar Bahasa Inggris.

–

  1. Kepribadian/Attitude

–Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris sangat diharapkan untuk memiliki sikap:

–Selalu terbuka terhadap perkembangan ilmu pendidikan Bahasa Inggris.

–Memiliki sifat jujur, amanah, bertanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan terlebih untuk pengembangan pendidikan Bahasa Inggris.

–Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

–

  1. Penguasaan Ilmu/Knowledge

–Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki Ilmu Pengetahuan mengenai:

–Teori Ilmu pendidikan Bahasa Inggris serta penerapan pengembangan pengetahuannya yang dapat dikembangkan melalui teknologi informasi.

–Pengembangan dan penerapan penelitian dalam pengaplikasian ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.

–

 

–

2015-FKIP UMRAH & Web Office ICT Centre UMRAH