Jurusan Pendidikan Kimia

Selamat Datang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Maritim Raja Ali Haji. Program Studi Pendidikan Kimia resmi dibuka pada bulan November 2013 Sesuai dengan SK penugasan  Dirjen Dikti No.696/E/E2/DT/2013 Tanggal 23 Juli 2013.

VISI :

Kurikulum dikembangkan sebagai usaha untuk mewujudkan VISI Program Studi Pendidikan Kimia UMRAH, yaitu “Menghasilkan calon tenaga pendidik profesional di bidang ilmu pendidikan Kimia yang memperhatikan perkembangan IPTEKS berbasis kemaritiman dan berlandaskan IMTAQ”

 

MISI :

Untuk menjalankan visi program studi Pendidikan Kimia, maka disusun misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang pendidikan Kimia yang berlandaskan ketaqwaan, berjiwa pendidik, kritis dan inovatif.
  2. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan IPTEKS yang berkaitan dengan bidang pendidikan Kimia berlandaskan kemaritiman.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu di bidang pendidikan Kimia.
  4. Mengembangkan lembaga pendidikan tenaga kependidikan bidang pendidikan Kimia yang berbasis kemaritiman.

Ketersedian Tenaga Pendidik Program Studi pendidikan kimia memiliki ketersedian  tenaga pendidik yang berkecimpung dibidang pendidikan dan bidang kimia murni serta merupakan lulusan dari universitas dalam dan luar negeri.

Beban kurikulum yang Ditawarkan

Jumlah kurikulum yang ditawarkan dalam program studi pendidikan kimia sebanyak 152 sks,yang perinciannya terdiri dari 144 sks untuk mata kuliah wajib dan 8 sks untuk mata kuliah pilihan. Kompetensi Alumni Program

Studi Pendidikan Kimia Kompetensi alumni pada program studi pendidikan kimia adalah menghasilkan Sarjana Pendidikan Kimia yang:

Kompetensi Utama Berprilaku sebagai manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berkepribadian luhur,serta mampu menularkannya kepada para peserta didik.

Kompetensi Pendukung 1.Menguasai ilmu pendidikan  dan ilmu kimia secara meluas dan mendalam berlandaskan kemaritiman. 2.Menunjukan kinerja sebagai tenaga pendidik dalam bidang kimia secara profesional. 3.Bersikap dan berprilaku santun dalam berkarya dan bermasyarakat. 4.Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan kesenian.

Prospek Alumni di Masa yang Akan Datang Alumni program studi pendidikan kimia berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) dan mereka akan memiliki kualifikasi yang sangat mendukung sebagai tenaga pendidik terutama pada bidang studi kimia, baik di Sekolah Menengah Umum/Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah menengah Kejuruan /Sekolah Menengah Sederajat lainnya.Bahkan memiliki peluang untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mampu berkompetisi dengan alumni dalam maupun luar negeri.Alumni program studi pendidikan kimia juga berpeluang untuk mengajar pada lembaga bimbingan belajar atau dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri.Pada kenyataannya,alumni program studi pendidikan kimia akan tersebar di berbagai jenjangan pendidikan formal maupun jenjang pendidikan non formal. Beban Kurikulum Yang Ditawarkan