FKIP – Prodi Pendidikan Biologi – MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan pola integrasi ekonomi dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas antar negara-negara anggota ASEAN. Tidak hanya dalam perdagangan, namun juga dalam bentuk jasa, pengiriman tenaga kerja dan lainnya. Hal ini memberikan kemudahan antar negara-negara di Asia untuk bekerja sama dalam bidang ekonomi, secara bersamaan juga menjadi tantangan bagi negara-negara tersebut untuk meningkatkan kualitas disemua aspek, terutama sumber daya manusia. Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan SDM yang siap bersaing dalam era MEA.  Demikian pula pendidikan IPA, juga menghadapi tantangan yang sama.

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH menyadari betul akan MEA sebagai peluang sekaligus tantangan dalam mempersiapkan tenaga pendidik masa depan. Sebagai upaya memberikan pemahaman tentang peluang dan tantangan ini, Selasa, 27 September 2016, Program Studi Pendidikan Biologi menyelenggarakan kegiatan dosen tamu bertema: Peran Strategis Pendidikan IPA dalam Menghadapi Era MEA. Dalam kegiatan ini hadir Dr.Suciati, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret, yang merupakan tenaga pengajar aktif dalam forum dan asosiasi internasional.

Dr.Suciati, M.Pd. menerangkan perlunya memupuk kesadaran dari dini bahwa tugas guru tidak hanya mengajar namun juga membentuk siswa dan siswi yang aktif, kreatif, inovatif, dan siap bersaing agar tak dijajah oleh bangsa asing. Keterkaitan Guru IPA dengan persaingan di era modern sangat dekat, dimana IPA merupakan ilmu mengenai makhluk hidup dan komponen-komponen yang bekerja didalamnya dan juga merupakan ilmu yang terus berkembang sesuai tuntutan zaman, dalam hal ini diwakili oleh teknologi. Kepekaan pendidik dan peserta didik di bidang IPA untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan menguasai keterampilan-keterampilan terkait. Diharapkan dikemudian hari para mahsiswa/i yang hadir dalam kegiatan ini dapat mengemban amanah sebagai guru yang profesional dalam menghasilkan generasi muda yang siap bersaing.

Kegiatan berlangsung pukul 08.00 WIB di Auditorium UMRAH Dompak, dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH. Dijelaskan oleh Trisna Amelia, M.Pd., Kaprodi Pendidikan Biologi, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa/i memiliki kesadaraan penuh tentang peran yang akan dijalaninya di masa yang akan datang, yaitu sebagai pendidik yang mampu menghasilkan generasi-generasi yang kreatif, inovatif, dan kompetitif (Candra S.)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here