FKIP – Prodi Pendidikan Biologi – Jumat, 30 Sepetember 2016, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas MaritimRaja Ali Haji kembali mengadakan kuliah umum dengan tema “Stem Cell: Perkembangan dan Pemanfaatan” yang bertempat di Auditorium UMRAH Dompak, pukul 08.00-11.00 WIB. Hadir sebagai narasumber Indra Bachtiar, Ph.D yang merupakan peneliti dari Stemcell and Cancer Institute (SCI) Kalbe Farma. Kegiatan kuliah umum ini  dimoderatori oleh Bony Irawan, M.Pd, dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH. Kegiatan kuliah umum ini merupakan serangkaian kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa beserta dosen-dosen Program Studi Pendidikan Biologi (FKIP) UMRAH.

Pada kesempatan itu, narasumber menjelaskan mengenai stem cell dan fungsinya dalam pengobatan modern. Kegiatan ini diadakan guna memberikan wawasan kepada mahasiswa/i mengenai kemajuan dibidang Bioteknologi yang juga merupakan salah satu cabang ilmu dalam Biologi. Stemcell disebut juga dengan sel punca atau sel induk yang merupakan sel-sel yang bertanggung jawab atau dengan kata lain merupakan sel yang berpotensi dalam menciptakan sel-sel baru. Apapun selnya, apakah sel mata, sel kulit, sel rambut, dan lain sebagainya berasal dari stem cell. Sel induk ini memiliki fungsi sebagai sistem perbaikan untuk mengganti sel tubuh yang rusak demi kelangsungan hidup individu, dalam hal ini adalah manusia. Sel induk ini dapat berasal dari sel tumbuhan, hewan, dan manusia yang berasal dari placenta atau embrio.

Terlihat antusiasme yang tinggi dari peserta kuliah umum tersebut yang ditunjukkan melalui  banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa/i kepada bapak Indra pada sesi tanya jawab interaktif. Pemaparan materi kuliah umum yang menarik semakin meningkatkan minat mahasiswa ketika narasumber memutar video yang menampilkan proses pengaktifan stem cell sehingga para peserta semakin memahami mengenai pemanfaatan stem  cell dan fungsinya dalam pengobatan modern.

Trisna Amelia, M.Pd, selaku ketua Program Studi Pendidikan Biologi menjelaskan bahwa kegiatan kuliah umum seperti ini merupakan agenda rutin Prodi Pendidikan Biologi sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan transfer informasi bagi mahasiswa. Dengan kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan wawasan mahasiswa/i mengenai pemanfaan stem cell dan fungsinya dalam pengobatan modern juga berbagai hal lain yang sehubungan dengannya. (Candra Shimastuti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here