FKIP – Prodi Pendidikan Biologi – Kamis, 20 Oktober 2016, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH mengadakan Kuliah Umum dan Workshop bertemakan Program Kreatifitas Mahasiwa (PKM) yang dihadiri oleh Ibu DR.dr.Indwiani Astuti, dosen FK UGM sekaligus tim reviewer inti PKM DIKTI. Kegiatan tersebut melibatkan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan 100 orang mahasiswa/i Pendidikan Biologi.

Narasumber membuka penyampaian materi dengan pengenalan  umum tentang PKM dan beberapa jenis bidang didalamnya. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa tidak hanya dituntut cerdas dalam akademik, namun juga aktif dan kreatif. Bu Ani menuturkan bahwa lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki skill of thingking, management skill, dan communication  skill, disamping memiliki academic knowledge. Hal ini penting agar nantinya tercipta individu-individu yang mampu bersaing secara kompetitif. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim dan mengembangkan kemandirian melalui kreatifitas dalam bidang ilmu yang ditekuni. Beberapa hal tersebutlah yang melatarbelakangi terlaksananya Program Kreatifitas Mahasiswa.

PKM terbagi menjadi dua bentuk yaitu dalam bentuk proposal kegiatan dan dalam bentuk karya tulis. Proposal kegiatan terdiri dari 5 jenis program yaitu PKM Penelitian, PKM Penerapan Teknologi, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, dan PKM Karsa Cipta. Sedangkan dalam bentuk karya tulis terbagi menjadi 2 jenis program yaitu PKM Gagasan Tertulis dan PKM Artikel Ilmiah. Untuk proposal kegiatan yang lulus akan mendapat pendanaan atas judul yang diajaukan, lalu kemudian akan diseleksi kembali apakah lolos ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang mana jika lolos akan kembali bertanding untuk memperebutkan Juara 1, 2, dan 3. Sedangkan jenis program karya tulis bukan dalam bentuk pendanaan namun berupa hadiah, karena jenis program karya tulis, yaitu PKM GT berisi mengenai kreatifitas yang dituangkan dalam bentuk  gagasan, bersifat futuristik (merujuk kepada teknologi di masa depan) dan tidak dapat diciptakan pada masa sekarang serta PKM AI yang berisi mengenai hasil-hasil kegiatan yang telah dilaksanakan lalu dituangkan dalam bentuk artikel ilmiah. “Ada 2 tahap dalam penilaian, yaitu administrasipenulisan, tanda tangan, kejelasan mitra (jika PKM-T) serta penilaian terhadap kreatifitas judul yang unik, menarik dan out of the box,” Sebut bu Ani.

Kegiatan berlangsung dalam 2 sesi yaitu pemaparan materi dan sosialisasi PKM yang dibarengi dengan kegiatan tanya jawab. Peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan serius dan antusias. Bagi para mahasiswa/i peserta kuliah umum kegiatan ini memberikan wawasan dan semangat baru. Kegiatan tersebut berakhir sekitar pukul 15.00 WIB. Dari kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa/i memiliki bekal yang cukup dalam dalam penulisan dan penyusunan proposal maupun karya tulis Program KreatifitasMahasiswa, dan diharapkap dengan adanya kegiatan tersebut mahasiswa/i semakin termotivasi untuk menjadi pribadi yang aktif dan kompetitif. (Candra S)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here