S1 Pendidikan Kimia


Informasi Umum Program Studi Pendidikan Kimia

Mencari program studi yang menggabungkan kecintaan pada kimia dengan semangat bahari? Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) adalah pilihan tepat bagi Anda para calon pendidik, guru, dan praktisi pendidikan yang ingin menginspirasi generasi muda dengan ilmu kimia yang relevan. Kami fokus pada pengembangan pendidik kimia inovatif yang mampu mengaitkan konsep-kimia dengan kekayaan maritim di sekitar kita, dari ekosistem pesisir hingga sumber daya kelautan. Kurikulum kami dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan mendalam dan keterampilan pedagogis terkini, memastikan Anda siap menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Mari bergabung dengan kami di UMRAH dan jadikan kimia sebagai jembatan menuju pemahaman yang lebih baik tentang dunia maritim!

Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Kimia

“Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis kemaritiman”

Misi Keilmuan Program Studi Pendidikan Kimia

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kimia berbasis riset berlandaskan wawasan kemaritiman bereputasi internasional;
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset kependidikan bereputasi internasional;
  3. Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran bereputasi internasional;
  4. Membangun tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akutabel, bertanggungjawab dan adil bereputasi internasional;
  5. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri dalam rangka akselerasi pengembangan program studi.

Tujuan Program Studi Pendidikan Kimia

Tujuan yang hendak dicapai Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH adalah:

  1. Menghasilkan pendidik kimia, pengelola pendidikan, dan pengelola laboratorium pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan yang memiliki kompetensi dan budaya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan kemaritiman;
  2. Menghasilkan peneliti pemula pada bidang pendidikan kimia yang mampu menghasilkan karya riset dan inovasi kemaritiman yang unggul dan solutif bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil; dan
  3. Menghasilkan wirausahawan pada bidang pendidikan kimia dan kimia yang mampu membantu penyejahteraan masyarakat kepulauan melalui kewirausahaan sosial di bidang kemaritiman yang mengacu kepada tujuan pembangunan berkelanjutan;

Profil Lulusan

  1. Guru/Pendidik Kimia
  2. Peneliti dalam Bidang Kimia dan Pendidikan Kimia
  3. Tenaga Ahli Kimia (Laboran/Instruktur)
  4. Konsultan/Wirausaha Bidang Kimia

Sejarah Program Studi Pendidikan Kimia UMRAH

Program Studi Pendidikan Kimia UMRAH didirikan sebagai bagian dari pengembangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di lingkungan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Berikut garis besar perkembangannya:

  1. Latar Belakang Pendirian
    • UMRAH merupakan perguruan tinggi negeri (berdiri tahun 2007) yang berfokus pada bidang kemaritiman, tetapi juga mengembangkan program studi non-kemaritiman untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di Kepulauan Riau.
    • Pendirian Prodi Pendidikan Kimia didorong oleh kebutuhan guru kimia di wilayah Kepri dan Sumatera, serta integrasi dengan potensi lokal seperti pengembangan material bahari, lingkungan laut, dan energi terbarukan.
  2. Tahun Pendirian
    • Prodi Pendidikan Kimia UMRAH kemungkinan besar didirikan setelah tahun 2010, seiring dengan pengembangan FKIP di UMRAH.
    • Prodi ini mendapatkan izin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui proses akreditasi (status akreditasi dapat dicek di BAN-PT).

Kurikulum Prodi Pendidikan Kimia

Pada tahun akademik penuh terakhir, yaitu TA 2023/2024, kurikulum yang digunakan PS adalah “Kurikulum 2019 dengan Implementasi MBKM”. Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP UMRAH memiliki dokumen kurikulum yang sangat lengkap, yaitu memuat identitas PS, evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum sebelumnya dan hasil tracer study, landasan pengembangan kurikulum, VMTS PS, profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan (CPL), bahan kajian, daftar mata kuliah dan bobot sks, perangkat pembelajaran, penilaian, serta mekanisme pemberian hak dan rekognisi pembelajaran mahasiswa di luar PS. Dokumen kurikulum PS juga sangat koheren, ditunjukkan dengan sistematika dan kepaduan/keserasian unsur-unsur berikut: (1) hasil analisis kebutuhan-VMTS- IPTEKS, (2) profil lulusan, (3) CPL, (4) bahan kajian, serta (5) mata kuliah dan bobot sks. Kurikulum PS S1 Pendidikan Kimia FKIP UMRAH juga sangat mutakhir, ditunjukkan dengan muatan bahan kajian terbaru sesuai dengan perkembangkan IPTEKS, seperti Etnosains, TPACK, green chemistry, ESD, STEM, dll.

Kurikulum juga memfasilitasi kemampuan mengembangkan pembelajaran mandiri, yaitu dengan sangat menekankan pada penerapan pembelajaran berpusat pada mahasiswa, seperti SDL melalui tugas mandiri-tugas terstruktur, perkuliahan berbasis kasus (case method), pembelajaran berbasis proyek (team based project), serta kegiatan pembelajaran di luar PS (seperti Pertukaran Mahasiswa, Magang Industri, Asistensi Mengajar, Membangun Desa). Kekhasan kurikulum program studi ditunjukkan pada beberapa mata kuliah berbasis kemaritiman, seperti Kimia Lingkungan Wilayah Pesisir, Kimia Kemaritiman, Problematika Pembelajaran Kimia Kawasan Pesisir, Tamadun dan Tunjuk Ajar Melayu, Pengantar Ilmu dan Teknologi Kemaritiman, Kimia Industri Maritim, Etnopedagogi Kimia, dan Bioteknologi Kemaritiman. Kurikulum PS juga sangat relevan, ditunjukkan dengan deskripsi profil lulusan dan CPL yang mengakomodasi kebutuhan dunia kerja berdasarkan hasil tracer study dan masukan stakeholder.

1. Bidang Pendidikan

  • Guru Kimia: Mengajar di SMP (IPA), SMA, atau SMK (jurusan kimia, analisis laboratorium, atau perikanan/kelautan).
  • Dosen/Laboran: Bekerja di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan vokasi setelah melanjutkan S2.
  • Pengembang Materi Ajar: Menyusun modul pembelajaran kimia berbasis kemaritiman atau STEM.

2. Bidang Penelitian & Laboratorium

  • Peneliti Kimia: Bekerja di lembaga penelitian seperti BRIN, LIPI, BPOM, atau BPPT, khususnya di bidang kimia material, lingkungan laut, atau energi terbarukan.
  • Teknisi Laboratorium: Di industri, sekolah, atau lab pengujian (misal: analisis kualitas air laut, bahan baku perikanan).
  • Quality Control (QC) / Quality Assurance (QA): Di industri makanan, farmasi, atau pengolahan hasil laut.

3. Sektor Kemaritiman & Industri

  • Industri Perkapalan & Logistik: Analisis material anti-korosi, pengujian bahan bakar ramah lingkungan.
  • Perusahaan Minyak & Gas (Migas) atau Petrokimia: Sebagai analis kimia di wilayah Kepri yang kaya industri energi.
  • Pengolahan Hasil Laut: Industri rumput laut, garam, atau bioteknologi kelautan.

4. Wirausaha & Konsultan

  • Startup Pendidikan: Membuka bimbingan belajar kimia atau platform e-learning sains.
  • Produk Kimia Terapan: Usaha pembuatan sabun, desinfektan, atau pupuk berbahan baku lokal (misal: ekstrak biota laut).
  • Konsultan Lingkungan: Analisis dampak industri terhadap ekosistem laut.

5. Sektor Publik & NGOs

  • Instansi Pemerintah: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup, atau dinas pendidikan daerah.
  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM): Program konservasi laut atau edukasi lingkungan.

Fasilitas

  1. Ruang Koordinator Prodi
  2. Ruang Dosen
  3. Ruang Kelas
  4. Laboratorium Sains Biologi
  5. Ruang Seminar
  6. Ruang Rapat
  7. Ruang Microteaching
  8. Ruang Tenaga Kependidikan

Dosen Program Studi Pendidikan Kimia

  • Fitriah Khoirunnisa, S.Pd., M.Ed.
  • Nina Adriani, B.Sc(Hons)., M.Sc. Ph.D.
  • Ardi Widhia Sabekti, S.Pd., M.Pd.
  • Inelda Yulita, S.Pd., M.Pd.
  • Rita Fitriani, S.Pd., M.Pd.
  • Yudi Umara, M.Pd.
  • Wisnu Prammana Surya, S.Pd., M.Pd.
  • Anggra Prasetya Cahya, M.Pd.
  • Steva Dara Putri, M.Pd.
  • Muhamad Al Rasyid, M.Pd.
  • Eko Febri Syahputra Siregar, M.Pd.