Berita

Lakukan Orientasi Akademik : PPG UMRAH Siap Laksanakan Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024

Orientasi PPG Prajabatan G1 2024

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Maritim Raja Ali Haji menyambut dengan antusias dan gembira kepercayaan yang diberikan oleh Kemendikbid Ristek dalam pelaksanaan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024. Sebagai bukti keseriusan tersebut adalah dilaksanakannya salah satu tahapan yang dijadwalkan Direktorat PPG yaitu Orientasi Akademik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 19 Januari 2024 bertempat di Ruang Tanjak Kampus UMRAH Dompak dan diikuti oleh mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024.

Eko Febri Syahputra Siregar selaku Koordinator PPG UMRAH dalam laporannya menyampaikan bahwa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 merupakan angkatan ketiga dalam PPG Prajabatan yang diterima oleh UMRAH semenjak diterbitnya izin pelaksanaan PPG. Pada Gelombang 1 Tahun 2024 ini, UMRAH mendapatkan mahasiswa sebanyak 25 orang yang terdiri atas 2 bidang studi yaitu Matematika dan Bahasa Indonesia.
Beliau mengucapkan Selamat Datang di PPG UMRAH, Selamat Bergabung dan Selamat Berproses menjadi Generasi Baru Guru Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. PPG UMRAH bangga menjadi pilihan mahasiswa sekalian dalam mewujudkan cita-cita untuk kemajuan Pendidikan Indonesia.
Tingkatkan kolaborasi sesama mahasiswa karena akan terus bersama dalama pelaksanaan perkuliahan.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP UMRAH, Bapak Satria Agust, S.S., M.Pd., CIAR., MCE. Dalam sambutannya, Dekan FKIP menyampaikan tantangan pendidikan kedepan semakin canggih, sebagai calon guru Profesional harus mampu menjawab tantangan tersebut dan bersiaplan menjadi agen pembaruan Pendidikan Indonesia. Maka dari itu, perlu membekali diri dengan keterampilan sesuai dengan kebutuhan abad ini seperti berpikir kritis. Mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik selama mengikuti Perkuliahan PPG dan PPL dan tentunya harapan kita bersama lulus pada UK PPG nantinya.

Setelah dibuka oleh Dekan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Ada tiga materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, diantaranya materi pertama mengenai Kebijakan PPG dan Pengenalan Lingkungan Akademik Kampus oleh Koordinator PPG UMRAH, kemudian dilanjutkan dengan materi kedua, yaitu Kurikulum dan Jadwal PPG Prajabatan tahun 2023 (Struktur
dan Sistem Pembelajaran) yang disampaikan oleh Ibu Dr. Desi Rahmatina, M.Sc. dan materi ketiga, yaitu Pengenalan Learning Management System (LMS) oleh Nur Arif, S.Pd yang juga merupakan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut para Pengelola PPG UMRAH yaitu Ibu Inelda Yulita, S.Pd., M.Pd., Ibu Nur Eka Kusuma Hindrasti, S.Pd., M.Pd. serta Staff Keuangan Bapak Hafidz Usmani, S.E. dan Bapak Zulpariza, S.Sos. selaku admin IT PPG Prajabatan.