Visi

“Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Unggulan Bidang Riset Kependidikan dan Budaya Maritim yang Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2040”

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berbasis riset kependidikan dan budaya maritim bereputasi internasional;
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya melalui riset kependidikan bereputasi internasional;
  3. Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset kependidikan dan inovasi budaya maritim bereputasi internasional;
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk mempercepat pengembangan, penguatan dan pencapaian Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang unggul pada tingkat internasional.

Tujuan

  1. Mewujudkan pendidikan berbasis riset kependidikan berwawasan kependidikan dan kemaritiman; mengintegrasikan konsep sains dan nilai-nilai budaya Melayu yang bersifat universal dalam kegiatan tridharma Perguruan Tinggi;
  2. Mewujudkan tata kelola Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang efektif, efisien, kreatif, dan produktif serta pranata pendidikan berwawasan kemaritiman dan bereputasi internasional;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan budaya unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berwawasan kemaritiman;
  4. Menjalin kerjasama dalam menunjang penguatan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang bereputasi internasional.

Sasaran pendidikan Program Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH yaitu dihasilkannya lulusan yang unggul dan memenuhi standar kompetensi sebagai berikut:

  1. Pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding)
  1. Mengetahui dan memahami Ilmu Pendidikan;
  2. Mengerti dan memahami asas Ilmu Pendidikan;
  3. Mengerti dan memahami konsep dan teori interelasi, interaksi, dan interdependensi antarkomponen pendidikan.
  1. Keterampilan intelektual (intellectual/thinking skill-able to)
  1. Menguasai penerapan Ilmu Pendidikan;
  2. Menguasai cara identifikasi masalah pendidikan;
  3. Menguasai cara merumuskan dan menyelesaikan masalah pendidikan;
  4. Menguasai metode analisis pendidikan.
  1. Keterampilan praktis (practical skills-able to)
  1. Menguasai teknologi analisis pendidikan;
  2. Mampu melakukan pengumpulan data/informasi pendidikan;
  3. Mampu mengolah dan menyajikan data/informasi pendidikan;
  4. Mampu melakukan evaluasi dan analisis pendidikan;
  5. Mampu menyusun laporan ilmiah berdasarkan hasil penelitian pendidikan.
  1. Keterampilan manajerial (managerial skills-able to)
    1. Terampil melakukan dan mengkoordinasi kegiatan survei dan penelitian pendidikan;
    2. Terampil mengelola dan mengintegrasikan berbagai data untuk pengelolaan pendidikan;
    3. Mampu bekerja dalam tim dengan keragaman disiplin ilmu;
    4. Mampu mengkomunikasikan hasil kajian pendidikan kepada pihak lain baik dalam bentuk tulisan maupun secara lisan.

Strategi pencapaian sasaran pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pengembangan dan penerapan sains dan teknologi pendidikan dan pengajaran berbasis kemaritiman;
  2. Pendidikan dan pelatihan tenaga kependidikan dan pengajaran bidang pendidikan berbasis kemaritiman;
  3. Pengembangan penelitian kependidikan berbasis kemaritiman;
  4. Pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan bidang-bidang yang terkait.