Rabu, 24 Mei 2017, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH  mengadakan pameran media pembelajaran biologi di area Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan( FKIP) UMRAH, Senggarang. Kegiatan ini merupakan bentuk apresisasi hasil karya mahasiswa pendidikan biologi yang mengampu mata kuliah Media Pembelajaran Biologi dengan dosen pembimbing Nurul Asikin, S.Pd,. M.Pd. Selain media pembelajaran yang ditampilkan juga disuguhkan hasil karya mahasiswa pendidikan biologi dalam mata kuliah Teknik Management Laboratorium Biologi yaitu berupa herbarium dan insectarium.

Dalam pameran media pembelajaran “ Biologi Punya Karya” ini barang-barang yang ditampilkan berupa berbagai macam media yang dapat membantu guru dalam pembelajaran biologi seperti alat peraga sistem pencernaan, sistem pernafasan, tahap pembelahan sel, kloning, torso, herbarium basah dan kering, insektarium basah dan juga insektarium kering.

Herbarium basah merupakan awetan tumbuhan  yang di awetkan dalam larutan alkohol 70 % atau formalin 40% yang disimpan dalam toples kaca dilengkapi dengan klasifikasi tumbuhan tersebut. Dalam pameran ini herbarium basah yang ditampilkan merupakan awetan tumbuhan tingkat rendah hasil dari kuliah lapangan di kawasan Pantai Trikora 3 Desa Malang Rapat, semester lalu, yang salah satu spesiesnya adalah Sergassum sp (jenis rumput laut). Sedangkan herbarium kering merupakan awetan tumbuhan tingkat tinggi yang telah mengalami beberapa tahap pengawetan sehingga tumbuhan dapat diamati, di pelajarti klasifikasi dan identitas yang benar, dan disimpan dalam waktu yang cukup lama. Sekitar lebih dari 50 herbarium kering disuguhkan dalam pameran siang itu.

Insektarium sama halnya dengan herbarium namun yang membedakan adalah jika herbarium yang diawetkan adalah tumbuhan, maka insektarium yang diawetkan adalah hewan.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi ibu Nevrita, M.Pd., M.Si.  Dalam sambutanya ibu Nevrita menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa program studi pendidian biologi yang dapat menyelenggarakan acara ini, ia berharap ini akan menjadi bekal yang matang saat para mahasiswa siap menjadi guru nanti, selain itu agar media-media yang telah dibuat dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya yaitu untuk membantu guru dalam membelajarkan sebuah materi kepada siswa.

“ Biologi Punya Karya” ini berhasil menarik perhatian pengunjung tidak hanya para mahasiswa dan dosen dari seluruh jurusan di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan namun juga mahasiswa dari fakultas lain. Dosen dari Universitas Negeri Riau (UNRI) dan  UniversitasTeknologi Malaysia (UTM) juga telah menyempatkan berkunjung ke pameran. (MM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here