S1 Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Maritim Raja Ali Haji
Mencetak generasi pendidik matematika yang inovatif dan relevan dengan tantangan zaman, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menawarkan keunikan kajian etnomatematika maritim. Kami mengintegrasikan kekayaan budaya bahari dan kearifan lokal Provinsi Kepulauan Riau ke dalam kurikulum matematika, membuka wawasan baru bagi para guru, pendidik, dan mahasiswa keguruan untuk mengembangkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Lulusan kami siap menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika, berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan korporasi untuk memajukan potensi daerah melalui lensa matematika. Bergabunglah bersama kami untuk menjelajahi keindahan matematika dari perspektif maritim yang unik!
Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika
“Menjadi program studi unggulan bidang riset kependidikan matematika dan budaya maritim di Asia Tenggara Tahun 2040” |
Misi Keilmuan Program Studi Pendidikan Matematika
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Matematika berbasis riset berlandaskan wawasan kemaritiman bereputasi internasional;
- Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset kependidikan bereputasi internasional;
- Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran bereputasi internasional;
- Membangun tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akutabel, bertanggungjawab dan adil bereputasi internasional;
- Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri dalam rangka akselerasi pengembangan program studi.
Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika
- Mewujudkan pendidikan matematika berbasis riset berwawasan kemaritiman;
- Menghasilkan riset dan publikasi kependidikan berbasis kemaritiman bereputasi internasional;
- Mengaplikasikan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran kepada masyarakat luas;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul dala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan kemaritiman;
- Mewujudkan tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akutabel, bertanggungjawab dan adil bereputasi internasional ;
- Mempercepat pengembangan, penguatan dan pencapaian program studi unggul bereputasi internasional melalui jejaring yang luas.
Profil Lulusan Program Studi Matematika
- Guru Matematika
- Peneliti Pendidikan Matematika
- Tenaga Ahli Matematika Terapan
- Entrepreneur di Bidang Pendidikan
Sejarah Program Studi Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika UMRAH merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di bawah Universitas Maritim Raja Ali Haji, yang berlokasi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Berikut garis besar perkembangannya:
- UMRAH didirikan pada 12 Oktober 2007 berdasarkan SK Mendiknas No. 154/D/O/2007, dengan fokus awal pada bidang kemaritiman dan kelautan.
- Seiring perkembangan, UMRAH memperluas program studi termasuk di bidang pendidikan, salah satunya Pendidikan Matematika, untuk memenuhi kebutuhan guru dan tenaga ahli matematika di Kepulauan Riau dan sekitarnya.
- Program Studi Pendidikan Matematika didirikan sebagai respons atas kebutuhan guru matematika berkualitas di daerah pesisir dan kepulauan, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai kemaritiman dalam pembelajaran.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika
Prospek Karir
1. Bidang Pendidikan (Guru/Dosen)
- Guru Matematika di sekolah (SD/SMP/SMA/SMK), baik negeri maupun swasta, dengan peluang besar di Kepulauan Riau yang membutuhkan tenaga pendidik berkualitas.
- Pengajar di Lembaga Bimbingan Belajar (seperti Kumon, Primagama, atau bimbel lokal) dengan keahlian matematika terapan.
- Dosen atau Peneliti di perguruan tinggi (setelah melanjutkan S2/S3 Pendidikan Matematika/Matematika Murni).
2. Sektor Publik dan Pemerintahan
- Tenaga Ahli di Dinas Pendidikan (pengembang kurikulum, pengawas sekolah, atau staf bidang pendidikan).
- Statistisi di BPS (Badan Pusat Statistik) atau Bappenas, khususnya untuk analisis data sektor maritim (perikanan, pelabuhan, dll.).
- ASN/Karyawan Instansi Pemerintah (Kemenag, Kemenkes, atau Kemenkomaritim) yang membutuhkan keahlian matematika.
3. Sektor Swasta dan Industri
- Analis Data/Statistisi di perusahaan perbankan, asuransi, atau startup teknologi.
- Konsultan Pendidikan di lembaga pengembangan pembelajaran (e.g., penyusunan modul matematika berbasis digital).
- Tim Pengembang Konten Edukasi di perusahaan edtech (seperti Ruangguru, Zenius, atau platform e-learning lokal).
4. Wirausaha dan Profesi Kreatif
- Pendiri Bimbingan Belajar khusus matematika atau STEM (Science, Technology, Engineering, Math).
- Pengembang Media Pembelajaran (aplikasi, video edukasi, atau alat peraga matematika dengan tema maritim).
- Content Creator Edukasi Matematika di platform YouTube/TikTok, memanfaatkan tren digital learning.
5. Sektor Maritim dan Teknologi (Keunggulan UMRAH)
- Analis Sistem Logistik Pelabuhan (menggunakan pemodelan matematika untuk optimasi distribusi).
- Peneliti Bidang Kelautan (misal: pemodelan gelombang, statistik perikanan, atau klimatologi).
- Konsultan Pendidikan Maritim di sekolah pelayaran atau akademi kemaritiman.
Fasilitas
- Ruang Koordinator Prodi
- Ruang Dosen
- Ruang Kelas
- Laboratorium Sains Biologi
- Ruang Seminar
- Ruang Rapat
- Ruang Microteaching
- Ruang Tenaga Kependidikan