S1 Pendidikan Biologi
Informasi Umum Program Studi Pendidikan Biologi
Mencari program studi yang menggabungkan kecintaan pada biologi dengan aksi nyata menjaga lingkungan? Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) adalah pilihan ideal bagi Anda para calon pendidik, guru, dan praktisi pendidikan yang ingin menginspirasi generasi muda dengan ilmu biologi yang relevan dan berbasis lingkungan. Kami fokus pada pengembangan pendidik biologi inovatif yang tidak hanya memahami teori, tetapi juga terlibat langsung dalam praktik konservasi. Keunikan kami terletak pada studi lapangan langsung ke kawasan pesisir dan program penanaman mangrove, memberikan Anda pengalaman belajar yang imersif dan aplikatif. Kurikulum kami dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan mendalam tentang ekosistem maritim dan keterampilan pedagogis terkini, memastikan Anda siap menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi sekaligus menjaga kelestarian alam. Mari bergabung dengan kami di UMRAH dan jadikan biologi sebagai jembatan menuju pemahaman yang lebih baik tentang dunia kehidupan dan aksi nyata untuk keberlanjutan!
Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Biologi
“Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan Bidang Pengajaran Dan Riset Kependidikan Serta Budaya Maritim Berdaya Saing Internasional Tahun 2040”
Misi Keilmuan Program Studi Pendidikan Biologi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Biologi berbasis riset berlandaskan wawasan kemaritiman bereputasi internasional;
- Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset kependidikan bereputasi internasional;
- Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran bereputasi internasional;
- Membangun tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akutabel, bertanggungjawab dan adil bereputasi internasional;
- Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri dalam rangka akselerasi pengembangan program studi.
Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi
- Mewujudkan pendidikan biologi berbasis riset berwawasan kemaritiman;
- Menghasilkan riset dan publikasi kependidikan berbasis kemaritiman bereputasi internasional;
- Mengaplikasikan hasil riset kependidikan dan inovasi pembelajaran kepada masyarakat luas;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul dala bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan kemaritiman;
- Mewujudkan tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akutabel, bertanggungjawab dan adil bereputasi internasional ;
- Mempercepat pengembangan, penguatan dan pencapaian progra studi unggul bereputasi internasional melalui jejaring yang luas.
Profil Lulusan Mahasiswa
- Pengelola Bidang Pendidikan
- Pengelola Laboratorium
- Edupreneurship
- Peneliti Pendidikan IPA/Biologi
- Tenaga Pendidikan IPA/Biologi
Sejarah Program Studi
Program Studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang berperan penting dalam mencetak tenaga pendidik dan peneliti di bidang biologi yang berkualitas. Program studi ini didirikan sebagai bagian dari komitmen UMRAH untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan sains, khususnya biologi, yang terintegrasi dengan nilai-nilai kemaritiman dan kelestarian lingkungan.
Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan secara resmi berdiri pada tahun 2007 berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 19 Tahun 2007. FKIP sebagai salah satu fakultas di UMRAH memiliki peran strategis dalam menyiapkan calon guru yang profesional, termasuk melalui Program Studi Pendidikan Biologi.
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH didirikan untuk memenuhi kebutuhan guru biologi di tingkat sekolah menengah (SMP/SMA/SMK) serta mendukung pengembangan riset biologi, terutama yang berkaitan dengan ekosistem pesisir dan laut, mengingat posisi strategis Kepulauan Riau sebagai wilayah kepulauan dengan keanekaragaman hayati yang tinggi.
Hingga saat ini Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH menggunakan kurikulum, yaitu Kurikulum 2019. Kurikulum 2019 ini disusun berdasarkan Undang‐ Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya mengenai Kurikulum, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi, serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN‐DIKTI), maka Program Studi Pendidikan Biologi telah menyusun naskah kurikulum berbasis KKNI.
Kurikulum ini disusun berdasarkan pada visi, misi dan tujuan Prodi Pendidikan Biologi dengan memperhatikan langkah-langkah penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan peninjauan kurikulum yang dilakukan oleh program studi. Kurikulum disusun berdasarkan pada visi, misi dan tujuan Prodi Pendidikan Biologi, yang terlihat di langkah – langkah penyusunan dan peninjuan kurikulum yang dilakukan oleh program studi. Penyusunan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan KKNI level sarjana. Penyusunan kurikulum dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut: 1) Menganalisis Visi dan Misi program studi; 2) Mempelajari instrumen penyusunan kurikulum seperti: panduan penyusunan KPT 2016; Pedoman pengembangan kurikulum pendidikan guru oleh Ristekdikti; 3) Menganalisis CP pada KKNI level 6; 4) Menganalisis hasil diskusi kurikulum sesuai dengan Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) sebagai asosiasi program studi Pendidikan Biologi; 6) menganalisis hasil tracer studi; 7) Menentukan profil lulusan berdasarkan visi dan misi program studi; 8) menentukan CP dan CPMK; 9) Menganalisis bahan kajian yang diperlukan untuk mendukung CP; 10) Mengintegrasikan CPMK dan bahan kajian menjadi nama mata kuliah.
Pada tahun 2021 dilakukan peninjauan ulang kurikulum menyesuaikan dengan perubahan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN‐DIKTI) menjadi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN‐DIKTI) serta masukan dari stakeholder dan mitra. Sehingga dilakukan penyesuaian kurikulum dengan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Selain itu, pembaruan rencana strategis UMRAH dan rentra FKIP UMRAH sebagai institusi yang menaungi Program Studi Pendidikan Biologi juga melatarbelakangi perlunya perubahan kurikulum Program Studi. Diharapkan, melalui kurikulum implementasi MBKM di Program Studi Pendidikan Biologi, dapat mendorong percepatan peningkatan kualitas akademik dan output dari Program Studi Pendidikan Biologi. Hal ini pada akhirnya bermuara pada peningkatan kualitas lulusan Program Studi sehingga dapat bersaing di kancah globalisasi.
Peninjauan kurikulum yang ketiga yaitu pada Mei 2024 yang dilaksanakan oleh tim pengembang kurikulum karena adanya perubahan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN‐DIKTI) menjadi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, maka Program Studi Pendidikan Biologi telah menyusun naskah kurikulum Pendidikan Biologi Berbasis OBE tetapi untuk pelaksanaannya dilakukan pada semester Ganjil 2024/2025.
Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi | Unduh |
Prospek Karir
Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH memiliki peluang karir yang luas, baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun sektor terkait biologi dan lingkungan. Berikut beberapa prospek karir yang dapat dipilih:
1. Bidang Pendidikan
- Guru Biologi (SMP/SMA/SMK): Menjadi pendidik di sekolah negeri/swasta dengan kompetensi mengajar biologi dan IPA.
- Dosen/Instruktur: Melanjutkan studi ke jenjang magister/doktor untuk menjadi dosen di perguruan tinggi atau instruktur di lembaga pelatihan.
- Pengembang Materi Ajar: Bekerja di penerbitan atau lembaga pengembangan kurikulum pendidikan.
- Tutor/Konsultan Pendidikan: Membuka bimbingan belajar atau menjadi konsultan pembelajaran biologi.
2. Bidang Penelitian dan Konservasi
- Peneliti Biologi/Kelautan: Bergabung dengan lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT, BRIN, atau universitas untuk meneliti biodiversitas, ekologi, dan bioteknologi.
- Konsultan Lingkungan: Bekerja di perusahaan atau NGO yang fokus pada analisis dampak lingkungan (AMDAL) dan konservasi sumber daya alam.
- Pegawai Balai Konservasi: Mengelola kawasan konservasi (TN, TWA, atau suaka margasatwa) di instansi seperti Kementerian LHK atau BKSDA.
3. Sektor Kesehatan dan Bioteknologi
- Analis Laboratorium Medis: Bekerja di lab rumah sakit, klinik, atau industri farmasi untuk uji biomedis.
- Teknisi Bioteknologi: Berkarir di industri makanan, farmasi, atau pertanian berbasis bioteknologi.
4. Sektor Kemaritiman dan Perikanan
- Ahli Ekosistem Laut/Pesisir: Bekerja di KKP, DKP daerah, atau perusahaan perikanan untuk pengelolaan sumber daya laut.
- Ekowisata Bahari: Mengembangkan wisata berbasis edukasi biologi kelautan (e.g., guiding di taman nasional laut).
5. Wirausaha dan Industri Kreatif
- Pemilik Usaha Edukasi Biologi: Membuka usaha seperti kebun pembibitan, eco-edupark, atau pusat pelatihan biologi terapan.
- Content Creator Pendidikan Sains: Membuat konten edukasi biologi/kemaritiman di platform digital.
6. Instansi Pemerintah dan Swasta
- ASN/Tenaga Kontrak: Menjadi PNS/PPPK di Kementerian Pendidikan, Kemenkes, KemenLHK, atau Pemda.
- CSR Perusahaan: Mengelola program corporate social responsibility (CSR) bidang pendidikan atau lingkungan.
Keunggulan Lulusan UMRAH:
Dengan pendekatan biologi berbasis kemaritiman, lulusan memiliki nilai tambah untuk bekerja di wilayah kepulauan dan pesisir, baik di sektor pendidikan, konservasi, maupun industri kelautan.
Fasilitas
- Ruang Koordinator Prodi
- Ruang Dosen
- Ruang Kelas
- Laboratorium Sains Biologi
- Ruang Seminar
- Ruang Rapat
- Ruang Microteaching
- Ruang Tenaga Kependidikan